Kamis, 21 Mei 2009

Cara Mancing Ikan Gabus


Di sini kami hanya sebagai berbagi pengalaman bagi sesama insan pemancing dan pengalaman sendiri kami. Untuk yang baru pemula mancing ikan gabus atau kata orang malaysia haruan, kami sarankan memakai umpan kodok/ katak yang berukuran kecil ( panjang dari kepala sampai kaki 1,5 inc ) sebab biasanya unpan yang kecil biasanya ikan gabus yang paling doyan yang kecil-kecil .
Mata Pancing yang digunakan pun relatif kecil dan tergantung merk ( Marguro,
Carbon, Samurai dan ada juga yang merk ketengan ) tapi pada prinsipnya semangkin mahal harga mata pancing semangkin bagus juga mutu dari mata pancing tersebut. Untuk snar atau tali pancing yang kita gunakan, bagi para pemula gunakan tali yang murahan saja yang wana warni juga bisa dan yang putih bisa, tapi untuk ukuran gabus yang ukuran 2 kiloan, kalau kalau bisa gunakan tali super nilon ( harganya 2000 per meter ) .
Lokasi mancing , untuk para pemula cari saja di parit atau di sawah -sawah biasanya ikan gabus paling suka di tempat yang air tenang dan agak semak- semak ( kalau bisa di danau atau di rawa-rawa kira0 kedalaman 2-3 meter ) .
Joran yang digunakan kalau bisa joran yang agak kuat dan keras, seperti bambu atau kalau bisa yang beli dipasar dan yang bermerk. Ikat tali pancing sesuai ukuran yang kita inginkan ( kira - kira 1/2 meter dari pangkal gagang pangcing. Pasang umpan ( kodok dari kepala kait sekali saja ) karna kalau dua atau terlalu dalam nanti kodoknye lepas dari pancing ketika disambar ikan gabus . Lempar umpan ke tempat yang kita tuju. di enjut-enjut seolah-olah kodok itu hidup dan di tarik perlahan-lahan. selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar